Cara Untuk Menampilkan Subtitle Pada Video



Menurut saya subtitle sangat penting, jika sobat menonton film yang bahasanya belum sobat pahami, seperti film barat, korea, atau yang lainnya. Karena itu subtitle berperan di sini, subtitle akan memberikan translasi (terjemahan) dari setiap bahasa asing yang terucap dalam video yang sedang diputar. Jika tidak ada subtitlenya mungkin video yang ditonton ibaratnya seperti sayur tanpa garam, kita tidak akan tahu alur cerita dari video yang ditonton, namun dengan subtitle semuanya menjadi jelas.
Penyebab tidak tampilnya subtitle ada beragam atau bermacam-macam, mulai dari tidak cocoknya nama


file subtitle dengan file video, faktor software pemutar video yang memang tidak dapat menampilkan subtitle, isi subtitle kosong, dan lain-lain. Namun kebanyakan dari permasalahan subtitle yang tidak mau muncul adalah karena nama file subtitle tidak sama dengan file videonya, akibatnya file subtitle tidak mau tampil.
Oke sobat langsung saja kita ke prakteknya:
menurut saya jenis subtitle ada dua, yaitu:
-          Subtitle yang bergabung dengan file video
-          Subtitle yang terpisah dengan file video
Untuk penanganan dari setiap masalah dengan subtitle yang jenisnya berbeda, maka penanganannyapun juga akan berbeda. Saya akan mulai dengan subtitle yang terpisah dengan file video.
1.       Sebelum sobat memutar video,  pastikan file subtitle dengan file video memiliki nama yang sama


.
Ubah namanya menjadi seperti gambar di bawah ini(yang penting namanya sama):
2.       Setelah namanya sama, sekarang coba buka file .srt (ekstensi subtitle)nya dengan notepad untuk memastikan bahwa di dalamnya terdapat tulisan-tulisan subtitle yang tepat (tidak kosong).
Caranya adalah dengan klik kanan>open with>notepad seperti gambar di bawah ini:
Jika tulisannya baik-baik saja, maka langsung saja di close(ditutup) dan videonya segera dimainkan saja.


Untuk menampilkan subtitle yang gabung dengan videonya, sobat bisa coba menggunakan cara menampilkan subtitle di MPC

Oke, sekian cara untuk menampilkan subtitle semoga bermanfaat untuk pembaca, jika ada masukan, saran atau ada yang ditanyakan, silahkan berkomentar di bawah ini.

wdcfawqafwef