Menampilkan Sub Title Pada MPC (Media Player Classic) yang tidak bisa menampilkan subtitle

 Assalaamu’alaikum sobat, sobat pasti MPC nya tidak bisa untuk menampilkan subtitle ya? Tenang saja sob dengan cara ini pasti MPC sobat bisa sehat wal afiat lagi hehe.
MPC-HC adalah pemutar video yang sangat ringan dan juga lengkap, software ini banyak diminati oleh pengguna komputer/laptop termasuk saya sendiri. Software ini dapat memutar berbagai video yang berekstensi .3gp, .mp4, .mkv, .dat, .cam, .mpeg, .mpg dan masih banyak lagi yang lainnya, tetapi selain itu menurut saya MPC juga mempunyai kekurangan, yaitu pada tampilannya yang biasa-biasa saja dan tidak mempunyai skin/variasi tampilan, namun yang terpenting adalah pada kegunaannya, yaitu memutar video, walaupun tampilannya biasa-biasa saja namun kualitasnya bagus.
Dulu saya juga pernah mengalami hal semacam itu, MPC saya dapat menampilkan subtitle dengan lancar, tetapi setelah saya install ulang pas dibuat untuk memutar video yang bersubtitle, eh tidak bisa keluar subtitlenya, saya otak atik tetap saja tidak mau muncul subtitlenya, akhirnya saya biarkan saja seperti itu selama beberapa waktu, setelah itu saya coba untuk menginstal software-software pemutar video yang lain, tetapi dengan memakai software pemutar video yang lain pun tetap tidak bisa untuk menampilkan subtitlenya, lalu saya kembali ke MPC dan apa yang terjadi? Media Player Classic saya tanpa disengaja bisa menampilkan subtitle dengan sendirinya, sungguh aneh tapi nyata ya, hehehe.



Tetapi info yang akan saya berikan berikut ini tidak sama dengan cerita di atas, caranya cukup mudah untuk di praktekkan, yang terpenting sobat harus mempunyai software MPC terlebih dahulu yang tidak bisa untuk menampilkan subtitle. Seperti pada gambar di bawah ini
Pertama MPC saya tidak bisa untuk memutar video.
Lalu bagaimanakah cara untuk menampilkannya? Oke langsung saja kita masuk ke langkah-langkah untuk menampilkan subtitle MPC yang tidak dapat tampil.
1.      Pertama sobat putar video apa saja yang sobat sukai yang ada subtitlenya namun tidak bisa tampil.
2.      Jika sudah klik tab view lalu klik pilihan option untuk membuka jendela pengaturan. Seperti gambar di bawah ini. (mohon maaf karena gambarnya tidak bisa menampilkan tampilan video/hanya hitam saja)


3.      Apabila langkah di atas sudah dilakukan maka jendela pengaturan akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.


4.      Jika sudah, klik Output, lalu ubah setingan output seperti pada gambar di bawah ini.
-          Ganti System Default menjadi Video Mixing Rendere 9 (renderless). Jika sudah klik apply lalu klik Ok.
5.      Sekarang coba putar video yang tidak dapat menampilkan subtitlenya tadi, insyaallah akan berjalan lancar dan bisa menampilkan subtitle. Tetapi cara ini mempunyai kelemahan, yaitu pemutar video (Media Player Classic) akan menjadi sedikit berat untuk memutar video, tetapi tidak akan masalah untuk yang mempunyai laptop/komputer yang mempunyai spesifikasi yang tinggi.
Sekian Cara Untuk Menampilkan Subtitle di MPC Yang Tidak Dapat Tampili semoga bermanfaat untuk pembaca. Jika ada pertanyaan bisa di tulis pada kolom komentar di bawah ini.





wdcfawqafwef