Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) Pada Makalah atau Journal


Dalam membuat makalah , journal, dan lain-lain, footnote sering digunakan. Fungsi dari footnote ini adalah untuk  memberitahu tulisan, kutipan, kalimat tersebut diambil dari mana. Atau bisa juga diartikan untuk mencantumkan referensi darimana kata-kata itu diambil.
Footnote berada di bawah sendiri, terdapat nomor seperti ini (1) sebelum alamat footnote tersebut.  Catatan kaki (footnote) adalah teknik penulisan yang berfungsi untuk menandai identitas sumber data atau kutipan yang ditulis di bawah body teks. Selain itu footnote juga dapat digunakan untuk memberikan ketetangan tambahan tentang suatu  subjek atau persoalan yang tidak mungkin dijelaskan dakam bodi teks namun masih sangat berkaitan dengan persoalan yang dibahas. Penjelasan seperti itu harus ditempatkan pada footnote, karena jika dituliskan dalam bodi teks akan mengganggu alur pembahasan.
Di samping catatan kaki, terdapat dua teknik penulisan yaitu catatan akhir (endnote) dan catatan tengah (middle note). Pada prinsipnya catatan kaki dengan catatan akhir tidak berbeda, kecuali hanya pada letaknya. Catatan kaki terletak di bagian bawah bodi teks, sedangkan catatan akhir terletak pada bagian belakang. Catatan tengah (innote) adalah catatan yang diletakkan langsung di akhir tulisan (masuk dalam bodi teks). Dibandingkan dengan catatan akhir, catatan kaki lebih praktis, sebab pembaca bisa langsung mengetahui identitas sumber yang disebutkan dalam halaman yang sama dengan kutipan. Karena itu karya ilmiah cenderung lebih banyak menggunakan model catatan kaki dibandingkan dengan dengan dua model yang lain. Catatan kaki dipilih sebagai teknik yang diberlakukan dalam penulisan karya ilmiah di sekolah saya yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri.
Contoh footnote adalah seperti gambar di bawah ini:




Gambar di atas menunjukkan rujukan dari tulisan tersebut berasal dari buku yang di tulis oleh sumadi suryabrata halaman 18.
Berikut ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara untuk memberi footnote pada tulisan atau karya ilmiah dengan cara yang sangat mudah, bagaimanakah caranya, langsung saja kita praktekkan:
1.       Pertama sobat harus punya Microsoft Office Word terlebih dahulu, karena saya sering mempraktekkannya di Microsoft Office Word.
2.       Jika sudah siapkan tulisan sobat yang ingin diberi footnote.


3.       Jika sudah sekarang kita masuk ke cara untuk meletakkan footnote. Pertama sobat harus tahu dimana tempat footnote akan diletakkan, contohnya saya akan meletakkan footnote depan kemampuan manusia, berarti saya harus klik tepat di depan kemampuan manusia seperti pada gambar di bawah ini.




4.       Setelah itu klik pada references  jika sudah klik insert footnote. Seperti pada gambar di bawah ini.



5.       Setelah di klik Insert Footnote maka pengetikan akan langsung di arahkan ke bawah tepatnya pada nomor di bawah tulisan itu. Nomor footnote akan otomatis langsung tertata tanpa diatur lagi, ini sangat memudahkan kita dalam pemberian nomor footnote. Jadi tugas kita hanya menulis dari buku mana referensi tersebut di ambil. Seperti gambar di bawah ini.


Nah mudah kan, untuk lebih jelasnya silahkan dipraktekkan dahulu.


Demikian cara untuk menambahkan footnote pada karya ilmiah, semoga bermanfaat.

wdcfawqafwef