4 Trik Untuk Memudahkan Sobat Dalam Mengoperasikan Windows 8


Pertama mencoba windows 8 pasti akan merasa sedikit kesulitan dengan tampilan yang baru itu, begitu juga dengan saya, namun lambat laun sedikit demi sedikit saya mulai bisa dan terbiasa untuk menggunakan windows 8, bahkan saya rasa windows 8 ini lebih mudah dan cepat penggunaannya di bandingkan dengan windows yang lain.

Windows 8 mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya saat booting sangat cepat, hanya dibutuhkan beberapa detik saja untuk bisa menuju tampilan utama windows 8, bahkan itu menurut saya melebihi kecepatan booting windows XP(windows sebelumnya), namun untuk penggunaan normal, masih sama dengan windows 7 (agak berat sedikit). Tapi tidak masalah, karena di samping itu windows 8 mempunyai tampilan yang bagus, jadi sepadan dengan beratnya penggunaan normal.
Di sini saya akan membahas tentang bagaimanakah cara untuk memudahkan dalam mengoperasikan windows 8, trik ini diantaranya adalah untuk membantu sobat yang mungkin belum tahu tentang trik-trik sederhana ini. Trik apakah itu? Yaitu trik minimize, trik untuk close windows, trik untuk berganti windows dengan cepat, dan yang terakhir adalah??? Silahkan disimak di bawah saja biar penasaran, hehe.
Oke sobat, langsung saja dari pada berpanjang lebar kita masuk ke langkah-langkah trik ini:
A.    Trik Untuk Minimize Windows Yang Berbeda Cara Minimizenya
Saya bingung harus kasih judul apa, karena sulit untuk mengungkapkannya, jadi yaa, begitu deh adanya, hehe. Untuk lebih jelasnya mengenai trik yang pertama ini, saya akan jelaskan terlebih dahulu, pada saat kita memutar musik atau membuka file berekstensi pdf, tanpa kita mengiinstal winamp atau adobe reader kita sudah bisa membuka file berekstensi pdf dan mp3, karena di dalam windows 8 sudah terinstal aplikasi untuk memutar music dan juga pdf, nah tetapi aplikasi bawaan windows 8 ini agak berbeda dari aplikasi yang lain, bedanya apa? Yaitu pada cara untuk meminimize (memperkecil) dan close (menutupnya).

Yang pertama adalah minimize, untuk meminimize windows, caranya adalah dengan drag and drop (klik tahan lalu di lepas) ke samping paling kiri, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini. Gambar di bawah ini adalah aplikasi music bawaan windows 8, sobat bisa lihat, tidak ada tombol minimize, close atau resize.


Caranya adalah dengan klik tahan dari pojok atas.


Lalu di tarik ke kiri sampai ke pojok paling kiri, jika sudah maka windows tersebut akan terminimize.

B.    Trik Untuk Close Windows Yang Berbeda Cara Mengclosenya
Yang kedua adalah cara close windows, caranya tidak begitu berbeda dengan cara minimize windows tadi, yaitu tinggal di geser-geser saja, apabila meminimize digeser ke kiri sampai pojok, nah kalau close tinggal di geser ke bawah sampai pojok notok, hehe
Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.


Windows di tarik sampai kebawah dan akan menghilang dengan sendirinya(tertutup).


C.     Cara Untuk Berganti Windows Dengan Cepat
Trik yang ke tiga adalah cara untuk berganti windows dengan cepat, bagaimanakah itu? Yaitu cara untuk memudahkan sobat untuk mengganti windows yang satu dengan yang lain, contoh: sobat kini sedang membuka aplikasi paint dan di sisi lain sobat juga membuka aplikasi office word, nah ketika saat ini sobat berada di aplikasi word dan ingin berpindah ke paint dengan cepat maka trik ini bisa menjadi pilihan.          Lalu bagaimanakah triknya?

Saya membagi trik ini menjadi 3:
a.       Trik untuk berpindah dari aplikasi bukan bawaan windows ke aplikasi bawaan windows
b.      Trik untuk berpindah dari aplikasi bawaan windows ke aplikasi bawaan windows
c.       Trik untuk berpindah dari aplikasi bukan bawaan windows ke aplikasi bukan bawaan windows

-          yang pertama Trik untuk berpindah dari aplikasi bukan bawaan windows ke aplikasi bawaan windows
trik ini sangat mudah dilakukan, tinggal arahkan mouse ke pojok kiri atas pada windows 8. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.


Dari gambar di atas kita bisa lihat, bahwa kita dapat berpindah dari aplikasi musik ke dekstop, atau  ke photos yang sedang terbuka.

-          Yang kedua Trik untuk berpindah dari aplikasi bawaan windows ke aplikasi bawaan windows. Yaitu dengan cara menekan windows+Tab, windowsnya ditekan terus, dan tabnya ditekan berkala.

-          Yang ketiga adalah Trik untuk berpindah dari aplikasi bukan bawaan windows ke aplikasi bukan bawaan windows. Caranya juga tidak kalah mudah, yaitu dengan cara menekan Alt+Tab alt nya ditekan terus, dan tabnya ditekan berkala.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal atau untuk menemukan aplikasi mana yang sobat kehendaki untuk di tampilkan, maka cobalah untuk berganti-ganti terus dengan 3 trik di atas.
D.    Cara Pencarian Cepat
Yang terakhir adalah cara pencarian cepat di windows 8. Pencarian cepat ini berfungsi untuk mencari aplikasi atau file yang tersimpan di hardisk untuk ditampilkan hanya dengan mengetik nama aplikasi atau file tersebut. Contoh: saya ingin membuka file paint, jadi saya hanya mengetikkan paint maka file tersebut akan muncul dan ketika di enter maka akan terbuka.

Ada dua model pencarian di windows 8
d.      Pencarian di aplikasi explore
e.      Pencarian universal
-          Yang pertama pencarian di aplikasi explore yaitu pencarian ketika kita membuka explore, dan di sebelah kanan atas terdapat kolom untuk mencari, nah itulah pencarian explore.

-          Yang kedua adalah pencarian universal, nah pencarian ini sangat memudahkan kita dalam mencari sesuatu, di sini windows akan menemukan file yang dimaksud dimanapun file itu berada, bahkan sampai ke dalam teks yang ada di dalam file. Lalu bagaimanakah caranya? Caranya sangat mudah sobat, tinggal tekan windows nanti akan di arahkan ke jendela windows 8 lalu langsung saja ketik nama aplikasi yang di maksud. Setelah aplikasi yang di maksud muncul tinggal di enter untuk membukanya. Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar di bawah ini.


Saat saya mengetikkan paint, tidak lama kemudian aplikasi sudah muncul di sana, kita tinggal mengarahkan ke aplikasi yang dimaksud lalu tekan enter. Dan aplikasi akan terbuka dengan sendirinya.

Oke, sekian dulu trik yang panjang lebar ini, saya juga mau istirahat untuk meng istirahatkan jari-jari saya ini karena sudah capek mengetik, hehe. Jika ada pertanyaan, saran, atau masukan, sobat bisa berkomentar di kolom komentar di bawah ini. Dan terimakasih sudah berkunjung di blog makblegger.

wdcfawqafwef