5 Cara Mudah Untuk Menghemat Kuota Internet Pada Modem

Assalaamualaikum wr. wb.

Setelah lama saya jarang update karena kesibukan di dunia nyata dan tidak tersedianya koneksi internet untuk memposting blog, kali ini saya akan membahas 5 Cara Mudah Untuk Menghemat Kuota Internet Pada Modem.

http://kumpulanartikel2013.blogspot.com/2013/07/10-cara-menghemat-uang-di-masa-harga.html
Di Indonesia internet bisa dibilang cukup mahal, bahkan ada yang bilang mahal, di negara-negara maju banyak yang sudah menggratiskan internet untuk warganya, tetapi kita bisa menghemat kuota internet yang berbayar dengan cara yang cukup mudah, kuota internet di indonesia sangat beragam harganya sesuai dengan provider-provider internet ada yang menawarkan unlimited sehari tetapi dengan kuota sedikit, jika kuota habis maka masih dapat mengakses semua situs dengan speed yang menurun drastis, ada juga yang langsung kuota banyak namun jika kuota habis maka hanya bisa mengakses beberapa situs, dan yang lainnya.

Menghemat kuota sangat bermanfaat untuk menghemat uang yang kita keluarkan untuk membeli kuota, cara ini berguna saat kita lagi browsing-browsing mencari sesuatu yang kita butuhkan, namun untuk mendownload yaaa, tetap gak pengaruh :v, namun apa salahnya menghemat kuota internet walaupun cuma untuk browsing saja, caranya cukup mudah teman-teman pasti bisa melakukannya, oke langsung saja berikut ini adalah 5 cara untuk menghemat kuota internet:



1. Gunakan Tampilan Mobile(HP)

Cara pertama ini sudah saya buktikan dan terbukti sangat efektif untuk menghemat kuota internet, ketika saya mendapat kuota bonusan dari salah satu provider sebesar 50 mb, saya coba untuk membandingkan dipakai di komputer dengan di HP, dan hasilnya sangat jauh berbeda, ketika dipakai di komputer kuota sebesar 50 mb itu mungkin satu hari akan habis, namun ketika saya menggunakannya di HP untuk browsing-browsing saja bahkan bisa untuk hampir satu bulan, sangat berbeda bukan? asalkan pakai HP yang stupid phone saja ya,, jangan yang smart phone :D karena yang smart phone disuruh menghemat malah menghabiskan pulsa yang banyak, kita juga bisa mengakses suatu situs dengan mode HP di komputer kita, contohnya kita akan membuka situs facebook.com kita bisa menambahkan m. dibelakang nama situs yang akan kita tuju, jadi kita tulis menjadi m.facebook.com dan kita buka hasilnya tampilannya akan lebih ringan dari yang biasanya, namun masalah grafis atau tampilan ya masih kalah dengan yang versi aslinya.

2. Matikan Update Otomatis

Komputer yang sedang standbye atau yang sedang tidak digunakan untuk apa-apa namun masih terkoneksi dengan internet biasanya akan selalu mengupdate dengan sendirinya atau otomatis dan hal itu bisa menguras kuota internet tanpa kita sadari, nah, untuk mematikan automatic update ini caranya juga sangat mudah tinggal klik start>control panel>security center>automatic update>turn off itu untuk windows xp, mungkin akan sedikit berbeda dengan windows 7 dan windows 8, jadi disesuaikan saja, hehe :).

3. Tutup Tab Yang Tidak Digunakan

Apakah menutup tab bisa menghemat internet?? ya bisa namun sedikit-sedikit sih, tetapi akan tetap menghemat penggunaan internet kita, lalu apa hubungannya menutup tab dengan menghemat internet?? tab yang tidak sedang digunakan namun masih tetap berjalan biasanya dapat mereload sendiri pada situs-situs tertentu, ketika itu(mereload) terjadi maka bisa menyedot kuota internet.

4. Menonaktifkan Membuka Gambar Otomatis

Didalam membuka situs biasanya gambar langsung ditampilkan begitu saja, akan tetapi tidak semua gambar ingin kita lihat, dan membuka gambar bisa menguras kuota yang banyak, untuk mematikannya bisa disetting di firefox dengan cara klik tools>option>content>uncheck load image automatically

untuk pengguna google chrome bisa di cari sendiri caranya :v

5. Gunakan Satu Saja Browser Kesukaan

Diantara sekian pilihan browser seperti mozila firefox, google chrome, netscape navigation, opera, dan lain-lain. Pilihlah satu saja browser untuk digunakan  sehari-hari, ini berhubungan dengan cache, ketika kita membuka sebuah situs bercache besar seperti game online, kita akan mendownload cache terlebih dahulu sebelum bisa bermain game tersebut, jika pertama-tama bermain maka akan sangat lama, namun jika sudah bisa bermain game tersebut pada saat bermain kembali di lain waktu maka akan semakin cepat, karena ya cache itu tadi, pertama bermain game mendownload cache terlebih dahulu, setelah terdownload cache akan tersimpan di hardisk dan tidak akan hilang kecuali komputer dimatikan paksa atau dihapus manual, karena itu jika menggunakan banyak browser maka juga akan semakin banyak cache yang terdownload di beberapa browser tersebut, namun jika kita cuma menggunakan satu saja browser maka cukup di satubrowser tersebut cache akan terdownload.



Mau membuktikannya? bisa kok. caranya buka situs kesukaan anda yang sering anda kunjungi, semisal anda suka mengunjungi facebook.com dengan browser yang sering anda gunakan sehari-hari misal firefox, lalu bandingkan dengan membuka facebook dengan browser lain yang baru diinstal, misal opera, nah sekarang coba bedakan lama waktu dan kuota terkuras untuk membuka situs tersebut di browser yang berbeda, insya'alloh akan lebih cepat di browser kesukaan anda itu :D , kalau sudah berhasil koment ya,, :) .


nah sekian dulu 5 Cara Mudah Untuk Menghemat Kuota Internet Pada Modem semoga bisa bermanfaat, dan atas ketidak nyamanannya saya mohon maaf sebesar-besarnya. Dan terimakasih sudah berkunjung di blog saya :-).

0 Response to "5 Cara Mudah Untuk Menghemat Kuota Internet Pada Modem"

Post a Comment

- Jangan Meletakkan Link Aktif dan Mati untuk Promosi
- Dilarang Berkomentar Yang Berbau Porno
- Berkomentarlah Dengan Bijak
- Jika Ada Link Yang Rusak atau Tidak Bisa di Buka, Tolong Beritahu Saya
- Jika Ada Saran, Masukan, dan Kritikan Saya Akan Menerima dengan Senang Hati
- Berkomentar Untuk Menambah Pertemanan ^_^

wdcfawqafwef