Fungsi RAM Komputer




assalamualaikum wr. wb.

apa fungsi dari ram?, sebelumnya saya jelaskan terlebih dahulu, didalam suatu komputer/laptop terdapat komponen-komponen yang penting komponen-komponen tersebut antara lain,

-processor+heatsink+motherboard

-ram

-powersupply

sebenarnya pc/laptop dengan komponen diatas saja sudah cukup untuk sekedar menyala, tetapi komputer/laptop juga membutuhkan komponen-komponen lain seperti hardisk sebagai media penyimpanan, dan cdrom untuk menginstall OS, membaca cd, dll. komponen-komponen tersebut untuk menambah kegunaan dari komputer.

nah sekarang kembali ketopik yaitu Fungsi Dari RAM, fungsi ram (random access memory) sendiri adalah sebagai sebuah perangkat atau media yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data sementara pada sebuah komputer. jadi pada saat komputer booting maka akan langsung disimpan di dalam ram, dan juga pada saat kita membuka suatu aplikasi maka penggunaan ram akan bertambah.

semakin besar aplikasi yang kita buka maka akan semakin besar kapasitas ram yang dibutuhkan, dan semakin besar kapasitas ram maka akan semakin cepat kinerja komputer kita. seorang gammer pada saat memainkan game yang berat maka dibutuhkan ram yang besar pula, mereka biasanya menggunakan spesfikasi komputer yang fantastis.

permasalahan pada ram:

-jika anda pernah mengalami komuter yang mati lcd nya tetapi komputer masih menyala, biasanya terdapat masalah pada ram anda, cara menanganinya adalah: lepaskan ram dari komputer anda coba bersihkan logam yang berwarna kuning pada tepi ram dengan jari tangan atupun dengan penghapus pensil, setelah itu tancapkan lagi ram ke dalam komputer.

nah sekian pengertian fungsi ram dan permasalahan pada ram dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca, wassalaamualaikum wr. wb.

wdcfawqafwef