Cara Mengatasi HP yang Tercelup Air

Air adalah musuh utama bagi alat elektronik yang satu ini, handpone yang tercelup air sebentar saja, bisa menimbulkan kerusakan yang fatal apabila tidak ditangani dengan benar, bagi yang Handphone nya terlanjur tercelup yang pertama kali adalah jangan panik dan ikuti saran di bawah ini, bagi yang HP nya belum terkena air, artikel ini bisa membantu pada suatu saat handphone/smartphone anda terendam air, penulis sendiri pernah mengalami hp yang masuk ke dalam air secara tidak sengaja, bahkan sampai 2 kali, yang pertama sudah tidak tertolong karena lamanya terendam, yaitu terendam lama di dalam cucian, yang kedua masih bisa ditolong walaupun ada kerusakan pada baterainya, tetapi alhamdulilah masih berfungsi dengan baik sampai sekarang dengan metode berikut ini:

  1. Langkah pertama ini benar-benar penting, saat HP anda tercelum yang pertama kali sobat lakukan adalah segera ambil HP dan copot baterainya secepat mungkin, karena jika tidak kerusakan bisa cepat menjalar. 
  2. Copot semua perangkat yang dapat di lepas, seperti memory micro SD/MMC, kartu sim, tutup casing, dll.
  3. Bersihkan air yang masuk ke dalam sela-sela handphone dengan tisu, dan catembath.
  4. Upayakan agar air di dalam HP sobat benar-benar sudah keluar semua, bisa dengan membalikkan posisi HP, maksudnya jika HP dalam keadaan tidur, coba diberdirikan/diposisikan dengan lubang berada di bawah supaya air bisa mengalir lewat lubang-lubang yang ada pada Handphone/smartphone tersebut.
  5. Merendam dengan beras, haaah beras?? gak salah tuh?? iya beras memang terbukti ampuh untuk menyerap air sampai ke uap-uapnya, beras adalah pengganti silica gell yang berfungsi sebagai penyerap air, jika sobat punya budget dan tidak malas pergi ke toko, gunakan saja silica gell, tetapi jika tidak gunakan saja beras, sudah banyak yang membuktikan termasuk saya dengan HP kedua yang tercelup air tersebut, beras efektif untuk menyerap air dan uap air, caranya lepas semua yang bisa di lepas dan masukkan handphone+casing+baterai kedalam beras (setidaknya sampai tertutup beras semua) tetapi jangan terlalu banyak berasnya, secukupnya saja.
  6. Tunggu  dengan sabar selama 1, 2 hari atau lebih lama lebih baik, bisa 3, 4 hari atau lebih jika sobat benar-benar sabar :D .  
  7. Ini adalah saat-saat yang paling mendebarkan seperti mau menembak cewek yang diimpikan, yaitu menyalakan HP, upayakan untuk berdo'a/sholat/puasa lebih dahulu supaya tidak jadi dinyalakan :v, eh maksudnya supaya diberi kelancaran dan keselamatan pada  HP saat dinyalakan.
banyak kasus HP yang tercelup air menjadi rusak karena keinginan untuk cepat-cepat menyalakan HP tersebut alhasil , HP yang belum kering sepenuhnya, jika dinyalakan dapat menyebabkan konsleting listrik, sehingga lama kelamaan akan semakin parah kerusakannya, untuk itu jangan sekali-kali menyalakan HP sobat jika belum benar-benar kering. Handphone penulis sendiri setelah melakukan langkah-langkah di atas bisa terselamatkan walaupun ada kerusakan pada baterai yang ditandai dengan noda-noda putih pada baterai dan jika dinyalakan langsung mati, setelah penulis uji coba dengan baterai milik teman saya ternyata memang baterainya yang rusak, dengan membelikannya baterai yang baru HP penulis masih sehat wal afiat sampai sekarang, masih lumayan dari pada mati pletes, hehe. Semoga yang HP nya terkena Air bisa terselamatkan.

2 Responses to "Cara Mengatasi HP yang Tercelup Air"

- Jangan Meletakkan Link Aktif dan Mati untuk Promosi
- Dilarang Berkomentar Yang Berbau Porno
- Berkomentarlah Dengan Bijak
- Jika Ada Link Yang Rusak atau Tidak Bisa di Buka, Tolong Beritahu Saya
- Jika Ada Saran, Masukan, dan Kritikan Saya Akan Menerima dengan Senang Hati
- Berkomentar Untuk Menambah Pertemanan ^_^

wdcfawqafwef