3 LINUX PILIHAN YANG RINGAN NAMUN BAGUS

assalaamualaikum wb, wb.

mumpung liburan dan gak ada kerjaan tidak ada salahnya saya isengiseng memposting tentang linux, nah bagi anda yang mempunyai pc jadul yang memiliki spek pas-pasan bahkan yang rendah maka anda bisa mencoba linux yang akan saya berikan infonya untuk pemirsa ,atau yang mempunyai pc spek tinggipun bisa mencobanya untuk merasakan kecepatan yang tak terbayangkan hehehe.

sebenarnya banyak sekali macam-macam linux yang khusus untuk komputer yang memiliki spec yang rendah namun saya akan memilih dari sekian jenis linux yang saya ketahui dan yang terbaik saja, oke langsung saja dilihat dibawah ini.

1. Puppy Linux


Puppy Linux
Puppy linux banyak digunakan sebagai distro dengan minimal footprint. dia adalah sebuah distro lengkap yang dapat di boot pada RAM 48-54 MB dari USB drive, CD, Hard drive, Zip Drive, Network/Thin, Client CD-ROM atau Mini-CD. seluruh OS dan aplikasinya di jalankan dari RAM. Puppy Linux memiliki GUI SFS Boot Manager yang mana memberikan kemudahan user utnuk memuat SFS Module. modul ini dapat membuat system untuk dijalankan tanpa meng-install.aplikasi yang telah terintegrasi didalamnya antara lain SeaMonkey, AbiWord, Bluefish, Xfinans, Gaim, Gnumeric, Gxine, JWM, Firefox, KDE, OpenOffcie, Gimp dan Audacity.  puppy linux bisa digunakan pada komputer tua, atau melakukan recovery data. puppy linux juga mendukung format windows (Fat 32, NTFS) untuk membaca dan menulis data.

kelebihan:

 -aplikasi cukup lengkap, sudah bisa untuk menonton video, memutar mp3 dan melihat gambar saat baru diinstall.

 -urusan perngemountan sudah tidak diragukan lagi, top markhotop deh :D

 -cukup mudah untuk pemula yang baru menggunakan linux.

kekurangan:

 -di lucid puppy terbaru yang saya miliki belum mempunyai browser yang bagus, tetapi saya belum tahu update terahir/versi yang lain mungkin sudah memiliki browser yang bagus, kita juga bisa mendownloadnya senfiri.

-jika modem ditancapkan kadang kebaca kadang tidak.

2. Vector Linux
Vector Linux

distro ini sangat kompatible dengan Intel, AMD dan x86. Vector Linux diturunkan dari Slackware. dia membutuhkan 850 MB Harddisk untuk instalasi. walaupun cukup besar dibanding dengan distro linux lain, Vector linux memberikan desktop lengkap yang dapat digunakan untuk menjelajah dunia maya, menerima email, ICD dan IRC. distro ini juga dapat digunakan sebagai server, dan dapat melakukan compile programnya sendiri. dengan kebutuhan RAM 412 MB untuk berjalan, dia merupakan distro yang layak untuk dijalankan pada komputer tua namun dengan berbagai fitur linux yang nyaris lengkap.

kelebihan:

- memiliki desain yang sangat bagus untuk ukuran OS yang cepat.

- mempunyai aplikasi yang sangat beragam dan lengkap

kekurangan:

- untuk perngemount an agak sulit.

3. slax

SLAX adalah sistem operasi Live CD Linux (distro linux) berbasis Slackware. Ia tidak perlu di-instal ke hard drive; berjalan dari CD atau USB drive. Terdapat juga pilihan untuk menjalankan SLAX dari RAM. SLAX dikembangkan oleh Tomáš Matějíček dari RepublikCzech menggunakan Linux Live scripts.
Slax KDE desktop
nah itulah linux yang pastinya ringan dan bagus pilihan saya yang pernah saya coba, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan, silahkan dicoba sendiri-sendiri.

wdcfawqafwef