Konfigurasi DHCP Memakai Windows 2003 Server


DHCP SERVER

DHCP server merupakan fasilitas dari windows 2000 advanced server dan windows server 2003, yang berfungsi memberikan alamat ip secara otomatis/ dynamic client untuk mempermudah pemberian ip untuk client serta menghindari conflik ip addressantar client, jadi kita tidak perlu menyetting ip satu per satu pada client, dan untuk menyetting ip pada semua client maka hanya akan diatur lewat server saja dengan mudah.

jika menggunakan statik server maka untuk menyetting ip di clientnya tidak bisa melalui server langsung, tetapi harus menyetting ip client satu per satu, dan dengan cara tersebut tidak efektif, selain menghabiskan waktu juga akan menghabiskan tenaga, nah untuk memulai menyetting dhcp server maka ikuti langkahlangkah dibawah ini.

Langkah-langkah di server:
1.install DHCP server dengan cara:
Start>control panel>add or remove progam>add or remove windows>component>networking service DHCP(masukkan cd master windows 2003 server) > ok >next>finish.

2.konfigurasi DHCP server
Start>administrative tools>DHCP>klik kanan nama (terserah)> next>isi start ip addrees untuk client,
Missal;ip start:192.168.0.2(ip pertama yang akan diberikan kepada klient) & isi end ip addres, missal 192.168.0.20(ip terakhir yang akan diberikan kepada klient), dan isikan "length": misal 24 (255.255.255.0) subnet mask otomatis terisi.
keterangan:length adalah prefix dari ip tersebut .
 > next> isi parent domain,missal;komkom.com>isi nama server, missal:server lalu klik tombol resolve untuk menampilkan ip server secara otomatis/isikan langsung jika anda tidak mengetahui nama servernya,isikan 192.168.0.1 lalu add>next>finish.

langkah selanjutnya adalah menyeting ip server(langkah ini boleh ditukar dengan langkah diatas)

buka network connection klik dua kali lan>properties>tcp/ipv4>isikan ip:192.168.0.1,subnetmask:255.255.255.0,gateway:tidak usah diisi karena ini adalah serverya.

 jika sudah di setting sedemikian maka tinggal menancapkan kabel lan dari server ke client

langkah langkah di client:
buka pengaturan ip di network connection, klik di lan yang sudah connect>properties>tcp/ipv4>klik obtain yang ip maupun yang dns.jika sudah klik ok>ok lagi.

lalu cek sudah mendapat ip apa belum, dengan cara klik dua kali lan, lalu klik status jika sudah maka ipv4 akan terisi ip(192.168.0.2) dan tidak menutup kemungkinan  akan mendapat ip yang lain.

jika belum mendapat ip maka coba disable(klik kanan>disable pada lan) lalu enable(klik kanan>enable)

selamat mencoba dan mencoba sampai berhasil,hehehe dan jika ada pertanyaan silahkan komment dibawah ini dan saya usahakan menjawab sebisa mungkin, terimakasih atas kunjungannya.


0 Response to "Konfigurasi DHCP Memakai Windows 2003 Server"

Post a Comment

- Jangan Meletakkan Link Aktif dan Mati untuk Promosi
- Dilarang Berkomentar Yang Berbau Porno
- Berkomentarlah Dengan Bijak
- Jika Ada Link Yang Rusak atau Tidak Bisa di Buka, Tolong Beritahu Saya
- Jika Ada Saran, Masukan, dan Kritikan Saya Akan Menerima dengan Senang Hati
- Berkomentar Untuk Menambah Pertemanan ^_^

wdcfawqafwef